Terima Suap, DiCaprio Diminta Mundur Sebagai Duta Lingkungan

Jadi duta lingkungan PBB, ternyata DiCaprio terima suap. Skandal yang dikenal dengan 1MDB Malaysia membawa namanya dalam pusaran masalah. Dia diminta mundur, dan DiCaprio belum memberikan bantahan soal ini.

Leonardo DiCaprio terkenal sebagai aktor film. Namun di Indonesia namanya diributkan karena secara sembunyi-sembunyi nyelonong di Sumatera dan membuat pernyataan yang memalukan bagi Indonesia.

Kini, Yayasan Kehutanan Bruno Manser Funds meminta DiCaprio mundur sebagai duta PBB. Pada konferensi pers di London, Jumat (14/10) lalu, Bruno Manser memberi The Revenant ultimatum. Dia meminta DiCaprio mengaku terang-terangan tentang skandal korupsi 1MDB Malaysia yang melibatkan banyak nama politikus dunia.

Kasus 1MDB itu masih diinvestigasi oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Dan Bruno meminta DiCaprio mengembalikan uang yang telah diterimanya. Sebab, itu adalah uang hasil korupsi.

Tuntutan agar DiCaprio mundur sebagai duta lingkungan, karena tindakannya itu dianggap telah mencoreng nama aktivis lingkungan hidup. Jabatan itu diterima DiCaprio dari Sekjen PBB Ban Ki-moon tahun 2014.

“Kami memintanya untuk mundur sebagai duta PBB untuk perubahan iklim. Dia kurang kredibel menyandang peran yang sangat penting itu,” ujar Lukas Straumann, ketua yayasan asal Swiss itu.

Skandal 1MDB merebak, karena melibatkan banyak nama besar. Sisi lain, yayasan ini sedang fokus pada persoalan kehutanan dan lingkungan hidup di Malaysia. Di pusaran itulah DiCaprio disebut menerima jutaan dolar. Itu sebagai pembayaran untuk perannya sebagai bintang dan produser di film The Wolf of Wall Street. Padahal, uang itu merupakan hasil korupsi.

Saat dilakukan konferensi pers bertajuk ‘Recovery of Stolen Malaysian Assets’, Bruno Manser Funds menyebut kaitan antara skandal 1MDB dengan isu lingkungan di Malaysia, yaitu soal penggundulan hutan.

Sedang media online Malaysia Sarawak Report menyebut, hasil investigasi salah satu awaknya, Clare Rewcastle Brown menemukan, bahwa gagasan utama 1MDB adalah membayar Perdana Menteri Sarawak. Bayaran itu adalah untuk ‘menutup mata’ Pemerintah Sarawak terhadap penggundulan hutan besar-besaran yang terjadi di 30 tahun terakhir.

DiCaprio belum merespons permintaan yayasan itu. Dia diundang datang melalui surat terbuka, namun tidak merespons apa pun. Kursi merah dengan namanya yang seharusnya diisi DiCaprio dibiarkan kosong.

Tentang berbagai tudingan itu, DiCaprio mengonfirmasi kehadirannya di BFI London Film Festival. Sebuah film dokumenter lingkungannya yang berjudul Before the Flood yang diputar perdana untuk masyarakat Eropa, Sabtu (15/10). Namun DiCaprio bungkam.

“Kita tidak bisa menyelamatkan lingkungan jika gagal menghentikan korupsi,” kata Straumann.

“Dan  DiCaprio munafik, termasuk ketika dengan sinis mengkritik penggundulan hutan di Kalimantan, Indonesia. Padahal dia harusnya menjadi bagian dari solusi. Tapi sekarang dia justru bagian dari masalah,” tambah Straumann. cnn/jss

Share