Pemprov Riau Tingkatkan Semangat UMKM di Riau

PEKANBARU- Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau mengalami peningkatan. Pemerintah Provinsi terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong dan memberikan semangat bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Perhatian terhadap UKM dan UMKM di masyarakat akan terus kita tingkatkan melalui kerjasama yang dilakukan dengan dunia usaha dan perbankan yang ada di Provinsi Riau,” kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Selasa.

Ia menyebutkan bahwa pengembangan sektor UKM dan UMKM yang ada di Provinsi Riau juga menjadi salah satu prioritas pemerintah setempat selain masalah infrastruktur, pendidikan maupun kesehatan.

“Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota yang ada di Riau, jumlah UMKM pada 2016 lalu tercatat sebanyak 277.980 unit usaha yang terdiri dari usaha mikro sebanyak 186.818 unit, usaha kecil 87.449 unit, dan usaha menengah sebanyak 3.713 unit usaha,” sebutnya.

Saat ini tahun 2017 pertumbuhan UMKM terus mengalami peningkatan. Untuk itu Pemprov Riau terus melakukan evaluasi dan semangat bagi pelaku UMKM.

“Usaha-usaha itu akan kembali kami cek lagi, namun melihat kondisi perbankan yang ada di Riau saat ini telah berhasil mengumpulkan banyak dana dari pihak ketiga maka kami mengupayakan agar dana itu tidak lagi dibawa keluar Riau,” jelasnya.

Untuk mempertahankan dana itu tetap berputar di Provinsi Riau, katanya, maka harus ada penampung, dan penampung itu adalah UKM dan UMKM.

“Oleh sebab itu, UKM dan UMKM yang ada saat ini akan terus dikembangkan dan lebih diperkuat dengan potensi-potensi yang ada di Riau,” ujarnya.

Ia mengatakan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM saat ini untuk bisa bersaing antara lain adalah faktor produksi, kualitas produk dan pemasaran.

“Untuk mengatasi hal itu, maka saya berharap dinas yang membidangi UMKM untuk terus melakukan pembinaan agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan kualitas yang memiliki daya saing,” katanya.

Semangat UMKM terus dilakukan orang nomor satu di Provinsi Riau ini, Dia juga memberikan dukungan saat acara gerai UMKM IKRohil Duri, Senin (25/9/17).

Di acara yang dihadiri oleh Bupati Rohil Suyatno dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin itu, Gubernur Riau dalam sambutannya menyebut sangat mendukung UMKM paguyuban ini, karena akan memberikan dampak kepada pengembangan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga memberi bantuan dan dukungan yang kuat dari Pemerintah Provinsi Riau bagi UMKM yang ada didaerah ini sehingga dapat menigkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami dari Provinsi akan beri dukungan penuh karena ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat, “jelas Andi.

Pada kesempatan itu, Bupati Rohil Suyatno menyampaikan kepada Ikarohil agar dalam melaksanakan UMKM ini perlu pengetahuan dan skill dalam bidang Usaha agar berkembang.

“Paling Utama adalah Modal untuk usaha yang bisa didapatkan dari kekompakan anggota Ikarohil dan Suport dari pemerintah daerah,”jelasnya.

Bupati Suyatno juga memberikan bantuan modal sebesar Rp20 juta,Bupati Bengkalis juga membantu Rp15 juta.

Tak hanya Gubernur, Istri Gubernur Riau, Hj Sisilita Arsyadjuliandi, sebagai ketua Tim Penggerak PKK juga turut memberikan semangat kepada pelaku UMKM.

Dia memberikan dukungan pada bazar , (27/8) lalu berwawasan lingkungan yang dikemas dalam kegiatan Riau Kuliner Vaganza 2017 di halaman gedung wanita Citra sekar kirana jalan Diponegoro Pekanbaru.

Beraneka ragam kuliner menyajikan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti, hasil kerajinan tangan atau kriya, kuliner dan beragam fesyen yang diikuti 120 pelaku UMKM yang berasal dari kabupaten/kota di Riau.

Selain itu berbagai kegiatan lainya juga digelar oleh panitia yaitu, kelas belajar membatik untuk umum, lomba masak mie sagu melayu, foto kontes, Fashion Show Extravaganza dan lomba produk parade peserta Riau kuliner bersama komunitas vespa.

Turut hadir pada acara ini, istri Gubernur Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi, sebagai ketua Tim Penggerak PKK Riau, Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman, ketua IWAPI Riau Hj Irma Hafida Rachman dan Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Riau Hj Yulisma.

Istri Gubernur Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi sebelum membuka perlombaan masak mie sagu melayu mengatakan, dirinya sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat serta para pelaku UMKM yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Walaupun hujan para hadirin tetap semangat, saya sebagai penasehat dan ketua organisasi wanita di Riau sangat bangga dan mendukung kegiatan ini,” kata Hj Sisilita Arsyadjuliandi didampingi Kadis Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman.

“UMKM di Riau mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang, oleh karena itu kami bersama pemerintah provinsi Riau akan mendorong supaya sektor ini lebih maju,” ujar Hj Sisilita Arsyadjuliandi.

Pada kesempatan ini, istri orang nomor satu di Riau tersebut sempat mencicipi hasil masakan mie sagu yang telah diperlombakan, dan dilanjutkan memberikan hadiah kepada para pemenang lomba. ***(adv)

Share