Bea Keluar CPO 0% di Bulan November

Bulan November segera datang. Kementerian Perdagangan mengumumkan, untuk Bea Keluar (BK) Crude Palm Oil (CPO) di bulan ini ditetapkan 0%. Itu karena berdasar harga referensi CPO di bulan November 2017 mengalami penurunan sebesar USD 2,51 atau 0,34%.

Bea keluar itu dibebankan dengan patokan harga CPO USD 737,59/metrik ton. Namun jika harga tidak menyentuh level ini, maka BK tidak tidak dibebankan. Ini merupakan kebijakan dari Kementerian Perdagangan.

Menurut Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, kini harga referensi CPO melemah. Masih tetap berkutat pada level di bawah USD 750.

“Atas dasar itu pemerintah mengenakan Bea Keluar (BK) untuk CPO sebesar 0% dolar AS/MT untuk periode November 2017,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 80 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar, menetapkan bea keluar CPO di bulan November 2017 nol dolar AS/metrik ton. Ini sama dengan BK bulan sebelumnya yang juga 0%. jss

Share