Rasputin (1) : Ini Dukun Paling Sakti di Rusia

Rusia puluhan tahun hidup dalam kungkungan ideologi komunisme. Paham ini mengharamkan klenik dan kepercayaan supranatural. Tapi sejarah mencatat, justru negeri ini marak praktek itu.

Ya, paranormalisme bukan hal baru bagi orang Rusia. Ini terbukti dari banyaknya cerita tentang Kaldun (dukun). Baik yang beredar dari mulut ke mulut atau dari berbagai literature yang ada.

Profesi dukun juga bukan hina di kalangan masyarakat Rusia. Itu karena untuk menjadi dukun memerlukan proses yang tidak sederhana. Cukup panjang. Terkadang malah harus ditunjang dengan kemampuan akademik. Sebab di beberapa tempat di Rusia ada sekolah khusus untuk itu.

Dalam sejarah keparanormalan di Rusia, Grigory Rasputin adalah yang paling banyak dibicarakan. Dia hebat dan kontroversial. Menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan istri Raja Rusia, Alexandra II. Dan suka pesta serta bermain perempuan dari kalangan atas.

Dia sangat berpengaruh. Dia juga berperanan sangat besar sebagai penasihat kepercayaan raja. Kesukaannya meminum-minuman keras dan perempuan. Dan itu yang membawa kematiannya sangat dramatis.

Tapi begitu, sosok Rasputin tetap dielu-elu. Dia adalah dukun paling legendaris bagi orang-orang Rusia. Malah di kalangan politisi negara Beruang Merah itu, hingga kini, banyak yang mengidentikkan dirinya dengan Rasputin sebagai orang yang cerdik, bijaksana sekaligus licik. Tidak ada yang memandang sinis dengan fenomena Rasputin ini. (bersambung) jss

 

Share