Rasputin (2) : Ini Kisah Sukses Pendeta Gagal

Tidak ada data-data konkrit mengenai Rasputin. Itu karena masa Rasputin hidup, dunia belum tersentuh budaya menuliskan sejarah menurut standar Eropa. Hanya sedikit yang terkuak dari 40 tahun kehidupan Rasputin.

Itu pun terbanyak mengenai kekuatannya menyembuhkan berbagai penyakit, Serta kemisteriusan pandangannya yang bisa menjangkau beberapa waktu ke depan. Yang tak terlewatkan, tentu kemampuan teatrikalnya yang banyak membantu dalam mensugesti seseorang untuk mempercayainya.

Rasputin sebenarnya berasal dari desa kecil di Siberia. Pada usia 18 tahun, Rasputin masuk sekolah religius di Verkhoture. Di sini ia belajar tentang agama. Sekaligus dunia keparanormalan pada sekte Khlysty, sempalan dari ajaran Kristen Ortodoks Rusia. Setelah menghabiskan beberapa waktu di sana, Rasputin ternyata gagal karena tidak memenuhi standar yang ditetapkan sekte itu untuk menjadi seorang pendeta.

Di usia 19 tahun, Rasputin menikah dengan Praskovia Fyodorovna, seorang gadis desa biasa. Mereka mempunyai tiga anak, Dmitry, Maria dan Varyara. Akan tetapi pernikahan ini tidak menghentikan keinginan Rasputin untuk belajar lebih dalam tentang dunia keparanormalan. Ia tetap berkelana ke tempat-tempat religius seperti Mt. Athos di Yunani dan juga ke Jerusalem.

Setelah merasa yakin dengan apa yang didapatkannya, ia lalu memproklamirkan dirinya sebagai orang suci yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, serta meramal masa depan. Masyarakat pun kemudian berbondong-bondong datang ke Rasputin untuk mengadukan segala kesusahan yang menimpa mereka. (bersambung/jss)

Share