Presiden Jokowi Dijadwalkan Replanting Sawit di Riau

Bulan ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan datang ke Riau untuk melakukan replanting sawit. Itu setelah melakukan launching peremajaan sawit di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Sumatera Utara (Sumut). “Tapi itu masih rencana, akan dipastikan lagi ke Menko,” kata Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Riau, Ferry HC pada Sawitplus.com

Menurutnya, pihaknya sangat mendukung dan siap untuk melakukan itu. Sebab, katanya, peran serta pemerintah dalam rangka mempercepat pergerakan perekonomian di Riau khususnya kelapa sawit dan peremajaannya perlu terus diikuti dan dilakukan.

Ada 5 daerah utama di Provinsi Riau yang akan dilakukan peremajaan sawit, yaitu Siak, Pelalawan, Kampar, Rokan Hilir (Rohil) dan Rokan Hulu (Rohul).

“Lima kabupaten yang mengajukan untuk dilakukan peremajaan ini sudah dilengkapi dengan peta pelaksanaannya. Jadi kalau berbicara dukungan, Riau lebih lengkap dari data yang diajukan Sumsel saat launching replanting dengan Pak Presiden kemarin,” terang Ferry, Senin (4/12/2017).

Dia menambahkan, untuk dana peremajan itu sendiri, Riau sudah menyiapkan kelengkapan untuk para petani dan sudah melakukan verifikasi ke lapangan.

“Untuk tim verifikasi tidak hanya dari Dinas Perkebunan. Dari Dirjen Perkebunan juga sudah turun ke beberapa kabupaten/kota dan untuk Kabupaten Rohul sudah clear. Tinggal action,” ungkapnya.

Dalam rangka launching peremajaan kelapa sawit di Riau, Ferry mengatakan, bahwa Presiden Jokowi akan segera dijadwalkan ke Riau.

“Ada dua tanggal yang dijadwalkan untuk kedatangan Presiden Jokowi dalam launching peremajaan kelapa sawit di Riau. Sekitar tanggal 15 atau 20 ini. Tapi itu masih rencana dan mau dipastikan lagi ke Menko dan BPDPKS untuk pelaksanaannya,” jelas Ferry HC. des

Share