Gubernur Riau Bakal Buka Forum Kelapa Sawit Riau 2017

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman akan membuka Forum Kelapa Sawit 2017 yang digelar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Selama dua hari, Kamis dan Jumat (14-15 Desember 2017) semua persoalan sawit dibahas. Dari status kawasan, legalitas lahan, produktifitas, tata niaga TBS, kemitraan, lahan gambut, sertifikasi ISPO hingga kampanye negatif terhadap sawit.

Perhelatan akbar sawit ini diikuti oleh 230 peserta. Terdiri dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), para pakar, pengamat sawit, akademisi, serta pejabat pemerintahan yang berkaitan dengan persoalan di atas.

Dalam acara yang dibuka Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman itu juga akan dilakukan penandatangan MoU antara GAPKI Riau dengan Apkasindo sebagai tindak lanjut MoU kesepakatan bersama antara GAPKI dan Apkasindo saat IPOC 2017 di Bali 2 November lalu.

Dalam penandatanganan MoU  yang disaksikan Menko Darmin Nasution, Menteri Agraria Sofyan Jalil, serta Bambang Dirjen Perkebunan itu disepakati, bahwa untuk melakukan pembinaan terhadap petani, maka perlu melibatkan banyak pihak. Dalam hal ini adalah GAPKI dan Apkasindo.

Dalam rangka mensosialisasikan dan mengimplementasikan MOU tersebut kepada pemerintah daerah dan pelaku usaha perkebunan, maka diselenggarakan acara Forum Kelapa Sawit 2017 di Provinsi Riau ini dengan tema ”SINERGITAS PELAKU USAHA PERKEBUNAN DI PROVINSI RIAU, DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI & KESEJAHTERAAN PETANI KELAPA SAWIT.” jss

Share