SDS 023 Astra Agro Lestari Raih Adiwiyata Nasional

RENGAT. SDS 023 Astra Agro Lestari Kecamatan Pasir Penyu, Indragiri Hulu yang berlokasi di PT. Tunggal Perkasa Plantations meraih sekolah Adiwiyata Nasional 2017.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional diberikan di Gedung Manggala Wanabakti komplek Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta. Penyerahan Penghargaan dilaksanakan pada Kamis 21 Desember 2017.

Adapun jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional ini adalah 423 sekolah yang berasal dari seluruh Indonesia. Sementara yang dari Provinsi Riau 24 Sekolah, dan dari Kabupaten Indragiri Hulu, SDS 023 adalah satu-satunya sekolah yang mampu meraih Adiwiyata Nasional di tahun 2017 ini.

Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang bertujuan mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik.

Untuk mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional ini tidaklah mudah. Perlu perjuangan dan usaha yang terus-menerus dalam menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan rapi.

Usaha untuk meraih sekolah Adiwiyata ini dirintis sejak tahun 2015. Secara berturut-turut SDS 023 Astra Agro Lestari meraih sekolah Adiwiyata, yaitu: tahun 2015 Adiwiyata Kabupaten, 2016 Adiwiyata Provinsi, dan akhirnya pada tahun 2017 ini dapat meraih Sekolah Adiwiyata Nasional.

Administratur PT. TPP melalui CDO PT. TPP, Dede Putra menyampaikan selamat kepada SDS 023 Astra Agro Lestari, semoga prestasi ini dapat ditingkatkan lagi ke level berikutnya.

Kepala SDS 023 Astra Agro Lestari, SarwokoS.Pd dalam rilisnya mengatakan, bahwa pihaknya senang mendapatkan penghargaan ini, karena usaha dan upaya yang telah dilakukan melalui program-program yang dijalankan membuahkan hasil yang baik.

“SDS 023 Astra Agro Lestari mempunyai program-program yang mendukung program sekolah Adiwiyata, diantaranya adalah Operasi Semut, Duta Lentera, Dokter Kecil, Polisi Lingkungan, dan meningkatkan peran serta anggota Pramuka dalam menjaga kelestarian lingkungan. Sekolah adalah tempat yang paling pas untuk memberikan nilai-nilai positif dan pembiasaan siswa terhadap kepedulian lingkungan,” terang Sarwoko.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada majelis guru, siswa, komite dan warga sekolah atas kerjasama yang dibangun selama ini untuk menciptakan sekolah yang bersih dan terbebas dari sampah.

“Selain itu ucapan terimakasih disampaikan kepada manajemen PT Tunggal Perkasa Plantations atas dukungan dan supportnya. Terimakasih juga kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu atas bimbinganya. Semoga sekolah kami bias menjadi penyemangat sekolah lain untuk meraih Sekolah Adiwiyata Nasional,” tutur Sarwoko. yud

Share