Direplanting Presiden Jokowi, Kabupaten Siak Dapat Kucuran Dana Terkecil

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan replanting kebun sawit rakyat di Provinsi Riau. Kabupaten Siak tercatat sebagai daerah yang paling kecil mendapatkan dana replanting dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Daftar Perkebunan Sawit Rakyat (PSR) di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tahun 2017, menunjukan Kabupaten Siak hanya mengajukan 111 hektare yang terdiri dari 38 kartu keluarga (KK).

“Dari lima Kabupaten di Riau, Siak paling sedikit luas lahannya yang akan mendapatkan dana replanting di daftar PSR BPDPKS tahun 2017, yakni hanya 38 KK seluas 111 hektare dari kelompok tani Setia Rukun,” ujar Kepala Bidang Perkebunan Provinsi Riau, Vera Virgianti, Selasa (9/01/2018).

Menurut Vera, sebelumnya ada 2 kelompok tani yang mengajukan, namun 1 kelompok mengundurkan diri.

“Seharusnya ada dua kelompok, tapi 1 kelompok mengundurkan diri. Mereka lebih memilih pendanaan lewat KUR dan memang kelihatannya perusahaan pendampingnya sangat berpengaruh, jadi mereka ikut kata perusahaan itu,” sebutnya.

Sebagai informasi replanting secara simbolis akan dihadiri Presiden Jokowi yang dijadwalkan datang ke Riau pada pertengahan Januari. elly

Share