Bupati Haris: Butuh Kebersamaan Untuk Capai Pelalawan Emas

SAWITPLUS.COM – Bupati Kabupaten Pelalawan, M. Haris mengatakan bahwa Pemkab membutuhkan dukungan penuh masyarakat untuk bisa mewujudkan visi dan misi Pelalawan Emas.

Dia menyebut, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan merupakan suatu keharusan dengan terwujudnya kesadaran kemandirian. Artinya, masyarakat tidak melulu menggantungkan semua sektor kepada pemerintah, tapi bagaimana masyarakat meniptakan inovasi sehingga mampu menutup kekurangan-kekurangan itu.

Pada Selasa, 3 Maret 2019 lalu, Haris terharu dengan kemandirian masyarakat di Desa Meranti, Pangkalan Kuras, Pelalawan. Program swadaya masyarakat di desa ini telah membuahkan hasil, bahkan mereka bisa membeli sebuah ambulance.

Dari dana swadaya itu, masyarakat juga bisa memperbaiki sejumlah jalan rusak di desa mereka, yakni jalan poros yang menghubungkan desa ini dengan daerah Kemang. Haris berkata, di tengah pemerintah kesulitan dana, masyarakat di desa ini justru meningkatkan kesadaran kemandirian desa dengan swadaya, sehingga sejumlah perbaikan di bidang infrastruktur berhasil diatasi.

“Ini sudah sangat patut menjadi contoh bagi desa-desa lain. Saat ini Pemerintah Daerah juga sedang membangun di berbagai sektor diantaranya pendidikan, kesehatan, pertanian, sarana, dan prasarana, infrastruktur dan lain sebagainya,” ungkap Haris.

Haris mengatakan, bahwa Pemkab Pelalawan saat ini membutuhkan dukungan dan kebersamaan masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Pelalawan Emas di tengah persaingan digital yang begitu ketat hingga tahun 2025 nanti.

Pembangunan dan perbaikan sekolah, sarana dan fasilitas kesehatan, pabrik beras di Kuala Kampar, menjadi sasaran target pembangunan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup petani. Selin itu Sekolah Tinggi Teknologi Kelapa Sawit Indonesia di Kecamatan Langgam juga harus dikembangkan sehingga kehadirannya menjawab persoalan SDM daerah.

Haris mengatakan, semua itu diperuntukkan bagi masyarakat. Hal lain yang dianggapnya penting, yakni perlunya kecerdasan masyarakat dalam menerima informasi, yang belum jelas kebenarannya. Sebab akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir pembangunan maju yang saat ini dimiliki masyarakat.

Untuk diketahui, sebelumnya Bupati Pelalawan Harris menghadiri dan ikut bersama Masyarakat, Pelajar dan PKK Desa Meranti Pangkalan Kuras untuk melaksanakan senam sehat bersama-sama, dalam rangkaian Pelalawan Sehat di laksanakan di Halaman Kantor Desa Meranti Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa, 3 Maret 2019.

Kegiatan berlangsung dengan di hadiri Ketua Fraksi DPRD Pelalawan Baharudin, Kadis PUPR Pelalawan Hasan Tua, Kadis DLH Samsul Anwar, Plt Kadis Kominfo Hendri Gunawan, OPD lainnya, Camat beserta Upika Kecamatan Pangkalan kuras, dan masyarakat yang meramaikan acara tersebut. (Advertorial)

Share