Wakil Ketua DPRD Riau Usulkan Pelantikan Sekda usai Pengesahan APBD 2020

SAWITPLUS.COM, PEKANBARU – Wakil Ketua (Waka) DPRD Provinsi Riau, Hardianto mengusulkan, agar pelantikan sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Riau yang rencananya akan digelar Jumat (22/11/2019) besok, ditunda hingga pengesahan APBD 2020.

Menurutnya, usulan penundaan ini berkaitan dengan nama ketiga calon sekda yang tidak mengikuti pembahasan APBD 2020.

“Dari tiga nama yang diusulkan Pemprov Riau, tidak ada yang mengikuti pembahasan APBD 2020. Kan saat ini sedang dalam pembahasan alot bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diketuai Pak Ahmad Syah,” kata Hardianto di Pekanbaru, Rabu (20/11/2019).

Sehingga, lanjut Hardianto, peralihan jabatan sekda ini dikhawatirkan akan mengganggu pembahasan APBD 2020 yang harus disahkan sebelum 30 November.

“Dampaknya pasti ada, karena bagaimanapun, Pak Ahmad Syah mengikuti proses ini dari awal. Makanya kita usulkan pelantikan setelah ketuk palu APBD yang ditargetkan tanggal 28 November,” sebut dia.

“Tapi, ini hanya usulan. Kalau pun memang dilantik besok juga tidak masalah. Yang pasti, sekda Riau definitif harus bisa menyesuaikan dengan pembahasan APBD kita,” sambung Hardianto.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, jika tidak ada aral melintang, pelantikan sekda definitif akan dilantik Jumat besok. Dua nama yang digadang-gadang akan dipilih sebagai sekdaprov yang baru ialah Yan Prana dan Said Syarifuddin.(Adv)

Share