Ini 8 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Diantaranya Riau

SAWITPLUS.COM – Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam, termasuk emas. Bahkan, ada daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Apa saja daftarnya?

Dikutip dari buku ‘Pasti Bisa Geografi’ terbitan Penerbit Duta, emas merupakan sumber daya mineral logam yang biasanya dihasilkan secara bersama-sama. Emas biasanya dimanfaatkan untuk perhiasan, bahan penyepuh, membuat huruf emas, fotografi, hingga perkakas laboratorium ilmiah.

Berikut Daerah Penghasil Emas Terbanyak, seperti dilansir detikcom:

1. Meulaboh (Nanggroe Aceh Darussalam)
2. Bengkalis (Sumatera)
3. Sambas (Kalimantan Barat)
4. Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara)
5. Tembagapura (Papua)
6. Cikotok (Banten)
7. Logas (Riau)
8. Rejang Lebong (Bengkulu)

Sementara itu, melansir buku ‘Geologi Mineral Logam untuk Explorer Muda’ karya Sukandarrumidi, emas adalah logam mulia sehingga nilai jualnya sangat tinggi. Saat ini di Indonesia, produksi emas diperkirakan mencapai 48 ton per tahun atau menempati urutan ke-3 di Asia (sesudah China dan Papua New Guinea) atau urutan ke-7 di dunia.

Dari 50 tambang emas terbesar di dunia, Indonesia memiliki dua yang masuk ke dalam daftar. Adapun, dua di antaranya adalah Grasberg di urutan ke-4 dan Kelian Kalimantan di urutan ke-10.

Emas di Indonesia diproduksi oleh delapan perusahaan, yaitu PT Freeport Indonesia, PT Kelian Equatorial Mining, PT Prima Lirang, PT Indomoro Kencana, PT Monterado Mas, PT Ampalit Mas Perdana, PT Lusang Mining, dan PT Aneka Tambang. (mg1)

Share