Desa Gobah Kecamatan Tambang Jadi Sasaran Gempur Paud Kampar

SAWITPLUS.COM, KAMPAR –¬†Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar bersama Bunda Paud Kabupaten Kampar berkomitmen pada Program Transisi Paud ke SD yang menyenangkan dengan melakukan kegiatan yang massif dan terukur, yaitu dengan telah dicetusnya Gerakan Menuju Perubahan (Gempur) Paud dan telah Launching beberapa waktu lalu. Bunda Paud Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM telah merangkul seluruh Organisasi Mitra Paud dalam penggesaan program dan giat ini. Setelah sebelumnya telah sosialisasikan di 2 (dua) Kecamatan, kali ini Gempur Paud Kabupaten Kampar sambangi Kecamatan Tambang dengan dengan memusat kegiatan di Paud Aisyah Gobah Desa Gobah, Jum’at (28/7).

Bunda Paud Kabupaten Kampar tampak bergerak bersama Tim Gempur Paud Kabupaten Kampar yang terdiri dari Dinas Dikpora Kabupaten Kampar yang menurunkan Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Paud dan PNF Taufik Wahyudisyah, SPd, Msi yang juga sebagai Ketua Tim Gempur Paud Kabupaten Kampar sekaligus sebagai narasumber, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Kampar, Pengurus Forum Paud Kabupaten Kampar, Himpaudi Kabupaten Kampar, Goptki Kabupaten Kampar, dan PDGI Kabupaten Kampar. Pada sosialisasi kali ini ada 4 (empat) sekolah yang terdiri 3 (tiga) Tk/Paud yaitu Paud Aisyah Gobah, Tk. Islam Assakinah, Tk Islam Bhakti 3 dan 1 (satu) SD, yakni SDM 036 Gobah sebagai sasaran Gempur Paud Kabupaten Kampar.

Kedatangan Bunda Paud Kabupaten Kampar tampak disambut dengan antusias dan gembira oleh murid-murid Paud dan SD sebagai peserta didik, yang didampingi oleh Camat Tambang Jamilus, Kepala Desa Gobah Erpanda, Korwil Dikpora Kecamatan Tambang Endang Purwanti, Ketua TP PKK Kecamatan Tambang, para pengajar dan para orang tua wali murid.

” Anak-anak di Paud haruslah mendapatkan hal-hal yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Tidak memberatkan murid Paud dengan metoda pembelajaran yang berat sehingga membuat mereka enggan atau bosan bersekolah dan tidak mewajibkan harus bisa Calistung tetapi hanya pengenalan itu yang harus dipertegas” ucap Yusi dalam pengarahannya.

” Untuk nantinya melangkah ke jenjang SD tidak dibenarkan sekolah melakukan kegiatan tes dalam penerimaan murid dan 2 (dua) minggu pertama di SD adalah hari-hari yang harus menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Ada 6 (enam) aspek yang nantinya menjadi penguatan pada transisi Paud ke SD ini, yakni Nilai Agama, Keterampilan Sosial dan Bahasa, Kematangam Emosi, Pemaknaan positif pada pelajaran, Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri serta Kemampuan Kognitif dalam melakukan kegiatan belajar demikian dijelaskan Yusi.

Yusi juga mengatakan bahwa tujuan diadakan sosialisasi ini selain memberikan pengetahuan tentang program Gempur Paud dalam masa transisi Paud ke SD yang menyenangkan ini, adalah untuk memastikan pelaksanaan belajar terlaksana dengan baik, menyenangkan dan nyaman bagi anak-anak terutama pada murid Paud dimana masa Paud adalah masa bermain sambil belajar.

Disisi lain Taufik selaku narasumber juga mengatakan bahwa perlunya memberikan pencerahan pada pendidik dan para orang tua peserta didik bagaimana menciptakan proses pembentukan karakter anak yang lebih baik ditengah tantangan pengaruh digitalisasi dari smart phone atau gadget yang tengah menggerogoti semua kalangan. Dengan pola belajar yang menyenangkan pada murid Paud merupakan salah satu cara ampuh dalam mengatasi hal tersebut. Kegiatan Transisi Paud ke SD yang menyenangkan ini akan dilaksanakan diseluruh Kecamatan se Kabupaten Kampar dengan merujuk ke Lembaga Paud (TK) dan SD sebagai Lokus dari giat Gempur Paud ini.

Pada kesempatan yang sama Camat Tambang menyampaikan apresiasi atas gerakan perubahan yang dibawa oleh Bunda Paud Kabupaten Kampar, dan katakan bahwa dalam melaksanakan program ini, Pemerintahan di Kecamatan siap berkomitmen dalam menggesakan dan mendukung sukseskan giat ini.

Sembari bercengkerama dengan anak-anak Paud dan SD, Bunda Paud Kabupaten Kampar sempatkan berikan pengetahuan tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar bersama PDGI Kabupaten Kampar seraya bagi-bagi sikat gigi kepada murid-murid Paud dan SD. Yang kemudian dilanjutkan penyerahan Alat Peraga Edukatif (APE) sebagai penunjang kegiatan belajar kepada TK/Paud di Desa Gobah Kecamatan Tambang.

Sebelum tinggalkan Desa Gobah Bunda Paud Kabupaten Kampar sempatkan tinjau lokasi dan kondisi SDM 036 Gobah yang berdasarkan informasi dari pihak sekolah telah berdiri sejak tahun 1935 di Desa Gobah Kecamatan Tambang.***

Share