Pemko Dumai, TNI dan Polri Siap Siaga Dalam Penanganan Karhutla

SAWITPLUS.COM, DUMAI – Sebagai wujud kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Pemerintah Kota Dumai bersama TNI dan Polri menggelar Apel Akbar Kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kota Dumai Tahun 2024, Kamis (21/3/2024) pagi.

Apel akbar yang dipusatkan di Halaman Kantor Wali Kota Dumai Jalan Tuanku Tambusai, Kelurahan Bagan Besar itu, dipimpin oleh Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton.

Turut hadir mengikuti jalannya apel, Wali Kota Dumai, H. Paisal, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo, unsur Forkopimda lainnya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Irawan Sukma, Kepala OPD dilingkungan Pemko Dumai serta Camat se-Kota Dumai.

Pada rangkaian apel, selain dilakukan pemeriksaan pasukan terpadu penanganan karhutla, Wali Kota Dumai bersama unsur Forkopimda Kota Dumai, Kalaksa BPBD Kota Dumai dan Kepala Manggala Agni KLHK Daops Dumai juga melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor (Ranmor) dan peralatan Karhutla.

Dalam keterangannya usai mengikuti apel, Wali Kota Dumai H. Paisal menjelaskan bahwa apel ini digelar untuk memastikan kesiapsiagaan tim terpadu yang nantinya turun kelapangan untuk menanggulangi karhutla di kawasan Kota Dumai.

Ia mengungkapkan bahwa Dumai kini telah menaikkan status siaga darurat karhutla. “Memang masih dikategorikan ringan, namun kita jangan anggap remeh dan tetap selalu waspada. Walau kecil tetap harus diantisipasi segera,” ucapnya.

Melalui apel akbar ini, orang nomor satu Dumai menegaskan pentingnya sinergi antara berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Dikesempatan ini juga kami mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh aparat TNI, Polri, serta seluruh unsur terkait yang sampai saat ini tetap kompak dan solid dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat Kota Dumai,” tutur H. Paisal. (Infotorial)

Share