Hadiri RAT Koperasi Batobo Kopri Kampar, Pj Sekda Kampar Berharap Kepengurusan dan Pertanggungjawaban Koperasi ini Dapat Setransparan Mungkin

SAWITPLUS.COM, KAMPAR – Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE, MH yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar, S.Sos, MT menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pemasaran Batobo Kopri Kampar Tahun Buku 2022 dan 2023 yang diselenggarakan di Ruang rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar, Rabu (3/7/2024).

Rapat Anggota Tahunan Batobo Kampar ini dIhadiri oleh Ketua Koperasi Batobo Kopri Kampar Ir. Cokroaminoto, Kadis Koperasi Dendi Zulhairi, Plt. Kadis Ketenagakerjaan Kampar Sasminedi, M.Si, Sekretaris Koperasi Batobo Kampar Musnaini Dan tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar mengatakan bahwa ada beberapa permasalah terkait Koperasi Batobo Kampar ini pertama Pergantian Petugas Koperasi Karena Adanya pengunduran diri, Kedua Pemotongan Uang.

“Untuk pergantian petugas koperasi kita serahkan kepada internal koperasi, dan kita akan rapatkan bersama bupati untuk membicarakan tentang potongan Uang dan ini dipastikan setransparan mungkin.”ungkapnya.”

Pj Sekda Kampar juga meminta Koperasi Batobo Kampar ini diharapkan dikelola secara Profesional dan Rencana Kerja 2024 silahkan di Rembukkan semoga Koperasi ini dapat bermanfaat Bagi kita semua.

Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar saat rapat berlangsung

 

Ia juga mengatakan, Pembentukan yayasan dan koperasi di bawah Korpri Kabupaten Kampar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara yang bernaung di bawah Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kab. Kampar. Pembentukan yayasan dan koperasi ini sudah sesuai dengan AD/ART Korpri berdasarkan Kepres No. 24 Tahun 2010.”tutupnya.”

Ketua Koperasu Pemasaran Batobo Kopri Kampar Ir. Cokroaminoto melaporkan bahwa berbagai tantangan dan kendala dihadapi selama satu tahun terakhir yang menyebabkan realisasi Batobo Kampar ini mengalami sejumlah Kenaikan dari tahun sebelumnya.

Dijelaskannya, bahwa permodalan yang berupa simpanan anggota di akhir tahun 2023 tercatat sebesar 2.267.767.680,00. Dapat dilihat tahun 2023 volume pembiyaan syariah mengalami peningkatan sebesar 97,65% dibandingkan volume usaha buku sebelumnya, dan jumlah anggota pinjaman juga mengalami kenaikan dari 1 orang pada tahun 2022 menjadi 152 orang atau naik sekitar 99,34%.

Sedangkan realisasi pendapatan tahun 2023 sebesar Rp. 22.710.162,71 melebihi dari realisasi tahun lalu yaitu Rp. 7.660.399,31 ini merupakan suatu capaian tentunya sangat kita harapkan dan sekaligus merupakan jawaban atas keraguan sebagai anggota yang memiliki pandangan pesimistis terhasap pola pelayanan koperasi berbasis syariah yang sudah kita terapkan pada tahun Buku 2023.

Ia juga mengajak kepada anggota Kopri Batobo untuk dapat menyimpan dananya pada tabungan suka rela di Kopeeasi kita ini. Dan mari bersama sama kita memberikan sumbangsuh dalam permodalam koperasi ini dengan usaha bersama yaitu “Ayo Kita Pindahkan Tabungan Yang Kita Miliki Di Bank Konvensional Ke Koperasi Pemasaran Batobo Kopri Kampar.”tutupnya.”

Di akhir acara pengurus koperasi Batobo Kampar membagikan door prize kepada anggota sebagai bentuk hadiah dari sebagian hasil SHU yang di dapatkan dari koperasi selama 1 tahun ini. (ADV)

Share