Masuk Musim Kemarau, 21 Hotspot Penuhi Pulau Sumatera

Mulai musim kemarau, titik panas menjamur di Pulau Sumatera. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, terdapat 21 hotspot atau titik panas. Setidaknya hotspot tersebar di sejumlah provinsi, Jumat (26/05/2017).

Seperti yang dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi. “Hotspot di Sumatera ada 21 titik. Tersebar di Bengkulu 3 titik, Lampung 5 titik, Sumbar 6 titik, dan Sumut 4 titik. Sementara Sumsel (Sumatera Selatan), Kepri, dan Riau masing-masing 1 titik.

Jarak pandang masih normal di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru 8 kilometer. Kemudian Rengat 5 kilometer, Dumai 3 kilometer, dan Pelalawan 5 kilometer.

Temperatur maksimal 31.5 – 33.5 celcius dengan kelembaban maksimal 92 – 97 %. Angin umumnya bertiup dari arah yang Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 – 15 knots (09 – 27 km/jam).

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan dapat terjadi di wilayah Riau bagian Utara, Barat, Tengah dan Pesisir Timur pada pagi dan sore, serta malam hari. jss

Share