Hotspot Pulau Sumatera 69 Titik, Terbanyak Ada di Provinsi Riau

Titik panas atau hotspot kembali bermunculan di Pulau Sumatera. Jika sebelumnya sempat nihil dan kemarin hanya terdapat satu hotspot, hari ini, Jumat (04/08/2017), titik panas itu muncul hingga 69 titik.

Dan yang mengejutkan, kalau sebelum-sebelumnya Riau nyaris pegang rekor sebagai pengoleksi paling minim titik panas, justru hari ini ditemukan paling banyak dipenuhi titik panas. Provinsi Riau tercatat menyimpan 27 hotspot.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membenarkan itu. Dalam catatan BMKG ini terdapat hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera mencapai 69 titik.

“Hotspot Sumatera dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen ada 69 titik,” Jumat (04/08/2017), kata Kepala Seksi (Kasi) Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi.

Hotspot itu tersebar di delapan provinsi. Paling banyak hotspot berasal dari Riau 27 titik. Disusul Jambi 13 titik, Lampung 12 titik, Sumatera Selatan delapan titik, Bangka Belitung lima titik.

Untuk Bengkulu dua titik, serta Sumatera Barat dan Kepulayan Riau masing-masing satu titik. Sedang prakiraan cuaca, khususnya di Riau cerah berawan.  jss

Share