Cari Mitra Bisnis, 25 Importir Sawit Pakistan Hadir di IPOC 2017

Dicari mitra serius di Indonesia. Pengusaha Pakistan ingin melakukan investasi di Indonesia untuk lahan dan penyulingan minyak kelapa sawit. Untuk satu perusahaan saja, nilai investasinya sudah dianggarkan US$ 8 juta.

Namun tidak hanya satu. Terdapat 25 pebisnis Pakistan yang sudah tertarik untuk melakukan investasi di lahan dan penyulingan kelapa sawit itu. Mereka sudah siap datang ke IPOC 2017 di Bali, untuk mencari mitra bisnis.

Adalah Khadija Edible Oil Refinery importir minyak kelapa sawit di Pakistan yang mencari mitra bisnis itu. Perusahaan ini sudah menyediakan dana US$ 8 juta untuk melakukan investasi di Indonesia.

Niatnya ini karena tahu prospek bisnis sawit. Sebab perusahaan ini sudah lama bergerak sebagai importir minyak sawit Indonesia, dengan sekitar 350.000 metrik ton per tahun.

Itu dikatakan Umer Rehan, Direktur Khadija Edible Oil Refinery saat bertemu Konsul Jenderal RI Karachi, Dempo Awang Yuddie, di kantor KJRI Karachi, Senin (2/10).

“Kami sudah siapkan dana 8 juta dolar AS untuk memulai investasi itu,” kata Umer Rehan dalam keterangan pers dari KJRI Karachi.

Menurutnya, perusahaannya ingin membuka lahan kelapa sawit seluas 20.000 hektare dan membangun penyulingan minyak kelapa sawit di Indonesia. Dan untuk mewujutkan itu, maka saat ini dia sedang menjajaki dan bertemu dengan calon mitra bisnis dari Indonesia.

Menurut Umer Rehan, perusahaannya akan segera menerbitkan Letter of Intent (LoI) sebagai langkah penjajakan awal bagi calon mitra bisnis di Indonesia.

Untuk itu, dalam IPOC 2017 di Bali nanti, yang berlangsung tanggal 1-3 November 2017, dia bersama 24 pebisnis minyak kelapa sawit dari Pakistan akan hadir. Mereka berusaha untuk melakukan penjajakan dan mencari mitra bisnis.

Konjen RI Karachi menyambut baik rencana ini. Sebab menurutnya, itu adalah peluang besar bagi pebisnis minyak kelapa sawit Pakistan dan Indonesia untuk saling bertemu dan mengeksplorasi peluang kerja sama.

Seperti diketahui, Pakistan merupakan salah satu importir terbesar minyak kelapa sawit dari Indonesia. Total nilai ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke Pakistan sebesar US$ 1,6 miliar dari total nilai ekspor ke Pakistan sebesar US$ 2,2 miliar. jss

Share