Astra Agro Lestari Lakukan Gerakan Menanam Seribu Pohon Khas Kalimantan

PANGKALAN BUN — Sedikitnya 200 partisipan yang terdiri dari siswa-siswi sekolah SD dan SMP, serta masyarakat melakukan Gerakan Menanam Seribu Pohon Bersama Astra Agro Lestari yang berlokasi di SD-SMPN 1 Satap Pangkalan Banteng, Desa Kebun Agun. Penanaman tanaman endemik khas Kalimantan itu sengaja dipilih untuk mendukung program penghijauan dan melestarikan tanaman khas yang semakin sulit ditemukan.

“Kami sengaja menanam tanaman endemik Kalimantan yang memang jumlahnya sudah semakin berkurang. Lebih dari itu, kami ingin mengajarkan kepada anak-anak untuk mencintai dan menjaga lingkungan,” kata Administratur PT Gunung Sejahtera Puti Pesona (GSPP).

Selain dihadiri oleh manajemen GSPP, salah satu anak perusahaan Astra Agro Lestari, kegiatan ini juga dihadiri secara langsung oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kotawaringin Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalan Banteng, Kepala Desa Kebun Agung dan Kepala Sekolah SD-SMP binaan Astra Agro Lestari.

Menurut Gunawan, kegiatan yang mengambil tema Gerakan Menanam Seribu Pohon Bersama Astra Agro itu rencananya akan dilakukan dalam dua tahap. “Hari ini merupakan penanaman tahap pertama, yang akan dilanjutkan pada Januari tahun depan dengan menanam sekitar 500-an lagi pohon, sehingga total pohon yang akan ditanam sekitar 1000-an pohon” ungkapnya.

Jumlah pohon yang ditanam pada tahap awal itu mencapai 600-an lebih pohon endemik Kalimantan. Ada pula tanaman-tanaman non-endemik seperti Matoa, Mangga, Cempedak, dan lain-lain. “Ada beberapa pohon endemik khas Kalimantan yang berhasil kami dapatkan seperti pulai, blangeran, gaharu, trembesi, jinjit, damar dan nyatoh,” kata Community Development Officer GSPP, Adelina.

Ia berpendapat, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai platform untuk mengajak generasi muda agar semakin mencintai lingkungan hidup. Bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menghijaukan kembali bumi Kalimantan salah satunya dengan tanaman endemik yang menjadi ciri khasnya. “Supaya nanti anak cucu kita masih bisa melihat pohon Meranti,” pungkasnya.

Gerakan menanam seribu pohon merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra Agro Lestari Tbk di bidang lingkungan. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit, Astra Agro senantiasa berkomitmen untuk menjalankan nilai-nilai yang berwawasan lingkungan hidup.

Share