Ternyata Minyak Zaitun Itu Mampu Cegah Kanker Payudara

Manfaat zaitun bagi dunia farmasi dan kimia sangat banyak. Ini karena kandungan minyaknya yang tergolong tak jenuh tunggal.

Bahkan limbah minyak zaitun sendiri masih dapat digunakan sebagai bahan bakar, pupuk, makanan hewan dan minyak pelumas. Sedangkan biji zaitun dapat digunakan sebagai produk cetakan plastik. Dalam dunia kecantikan, buah zaitun juga turut berperan.

Minyak zaitun (olive oil) merupakan ‘obat’ andalan bangsa Mesir dan Romawi kuno sejak zaman dulu kala. Sampai sekarang pun minyak zaitun sangat populer bagi bangsa Mesir hingga Mediterania. Bukan hanya sebagai bagian dari masak-memasak, tetapi juga berperan menjaga kesehatan mereka.

Ini dibuktikan oleh Dimitros Trichopoulus, profesor dari Harvard School of Public Health di AS yang menyelidiki hubungan antara banyaknya konsumsi minyak zaitun dengan pertumbuhan kanker payudara.

Dari penelitian yang melibatkan sedikitnya 2300 wanita itu diketahui, bahwa wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih dari satu kali dalam sehari memiliki peluang terkena kanker payudara 25 % lebih rendah dibanding wanita yang kurang mengkonsumsi minyak zaitun. Dan, kenyataannya, wanita Mesir dan Mediterania lebih sedikit terkena kanker payudara dibanding dengan wanita Amerika.

Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang sangat dibutuhkan untuk menghentikan kerusakan sel-sel pemicu kanker. Selain itu, juga mengandung polifenol yang berperan sebagai penghadang radikal bebas, ungkapnya. jss

Share