Lawan Eropa, Malaysia Gabung ‘Aliansi Friends’ Kelapa Sawit

PEKANBARU– Malaysia telah tergabung dalam aliansi dengan delapan negara-negara penghasil kelapa sawit untuk memperjuangkan masa depan industri ini ke Uni Eropa.

Negara-negara yang masuk aliansi itu adalah Indonesia, Thailand, Peru, Kolombia, Honduras, Kosta Rika, Ekuador, dan Guatemala yang dikenal sebagai ‘Aliansi Friends’ kelapa sawit.

Datuk Chua Tee Young, selaku Deputi Menteri Perdagangan mengatakan, Malaysia sangat menaruh perhatian terhadap perkembangan baru-baru ini, saat Uni Eropa (UE) mengeluarkan resolusi mengenai minyak sawit. Meski belum ada undang-undang yang mengatakan dampak buruk pada industri kelapa sawit.

Kata Chua, Uni Eropa adalah salah satu importir minyak sawit terbesat dari Malaysia. Itu setelah China dan India, dengan rata-rata 7,4 juta ton.

“Pemerintah telah membahas terkait masalah ini dengan negara-negara yang bergabung dengan Aliansi Friends Oil Palm.”

“Kami sepakat untuk membentuk kelompok itu. Pemerintah juga mengambil kebijakan akan menghapus banyak kesalahpahaman dengan  UE tentang industri kelapa sawit di Malaysia,” tambah Chua.

Menurutnya, pemerintahnya telah mengarahkan berbagai kementerian dari negara lain dan kementeriannya untuk ,  seperti kementrian luar negeri serta kementrian perkebunanan komoditas dan lainnya. emilly/mpoc

Share