Ferrero Rocher : Minyak Sawit Tidak Sehat Itu Bohong

Italia mendukung Indonesia. Tidak hanya menyatakan tidak setuju dengan sikap Uni Eropa yang bakal melarang minyak sawit dan turunannya masuk negara-negara Benua Biru, tetapi juga dengan tetap menggunakan minyak kelapa sawit untuk kebutuhan dalam negeri. Itu dikatakan Duta Besar RI untuk ltalia, Esti Andayani.

“Sejak awal Italia itu pendukung kita. Di manapun, mau di WTO atau di Uni Eropa dan di Parlemen Eropa. Jadi untuk isu kelapa sawit itu Italia mendukung kita,” kata Esti Andayani.

Menurut Esti, pemerintah Italia mendukung penggunaan minyak kelapa sawit di kawasan Uni Eropa karena negara itu membutuhkan minyak sawit untuk produknya, mulai dari makanan hingga kecantikan.

“Saya bertemu dengan Presiden Ferrero Rocher, produk cokelat dan Nutela mereka segala macam, pakai minyak kelapa sawit. Minyak sawit dibandingkan minyak lain lebih tahan lama dan tidak berubah menjadi basi. Masa kedaluwarsa produknya menjadi lebih panjang,” katanya.

Menurut Esti, perusahaan Ferrero Rocher akan tetap memakai produk kelapa sawit. Itu karena dia telah membuktikan dengan penelitian, bahwa minyak sawit tidak berbahaya untuk kesehatan.

“Jadi dia (Ferrero Rocher) tetap akan memakai kelapa sawit. Dia sudah membuktikan dengan penelitian, bahwa orang yang mengatakan (minyak sawit) tidak sehat itu adalah bohong. Sekarang dia menang juga di pengadilan untuk berita yang ‘hoax’ itu,” tambah Esti.

Kini Pemerintah Indonesia menggandeng perusahaan Ferrero Rocher dan Pemerintah Italia untuk berjuang melawan wacana larangan penggunaan produk kelapa sawit di kawasan Uni Eropa yang diusung Parlemen Eropa.

Pemerintah Italia melalui beberapa kementeriannya juga menyatakan dukungannya bagi Indonesia dalam melawan kampanye hitam terhadap produk kelapa sawit di Uni Eropa.

“Menteri Pembangunan dan Menteri Perdagangan Italia sudah mengatakan, dia akan terus bersama kita untuk melawan kampanye hitam untuk kelapa sawit. Jadi memang Italia ini bisa menjadi teman kita,” ungkap Esti. ass/jss

Share