Buah Semangka Itu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah semangka menyegarkan. Terutama jika dikonsumsi siang yang terik. Tapi tak cuma itu lho. Buah ini ternyata manfaatnya banyak untuk tubuh.

Semangka itu banyak jenisnya. Ada yang berwarna kuning, kemerahan, hingga merah segar. Buah ini termasuk digemari siapa saja, mulai balita hingga lansia. Selain mudah dicerna, semangka juga mudah disajikan dalam bentuk apa saja. Bagaimana dengan khasiatnya?

Buah ini terkenal sebagai pencegah gangguan pencernaan dan dehidrasi atau kekurangan cairan. Meski kaya mineral, buah ini tergolong rendah kalori sehingga aman bagi mereka yang sedang mengendalikan berat badan.

Kandungan fosfor, magnesium, dan potasium memberi kombinasi penyembuhan yang sangat baik. Mampu mengatasi gangguan tulang, tekanan darah tinggi, hingga penumbuhan sel-sel baru.

Semangka disukai karena daging buahnya yang berwarna merah memberi cairan manis dan segar. Sedangkan bagian bawahnya berwarna pucat tidak mendapat perhatian sedikit pun. Padahal khasiat yang dikandung tak sepucat warnanya.

Bagian berwarna putih ini justru kaya mineral, zat hijau daun atau klorofil, dan vitamin. Jadi cara terbaik memakan buah semangka adalah menyertakan sebagian daging buah yang berwarna pucat bersama daging buahnya karena khasiat keduanya saling melengkapi.

Bagi mereka yang bermasalah dengan rambut, semangka adalah salah satu solusinya. Semangka merangsang tumbuhnya sel-sel baru di bawah kulit. Rambut baru pun dipancing untuk segera tumbuh.

Bukan itu saja, rambut baru yang muncul ini memiliki kekuatan yang lebih baik dan tak mudah patah. Dengan begitu, seiris semangka setiap hari setidaknya akan memberi manfaat :

  1. Pencegahan gangguan pencernaan (susah buang air besar)
  2. Penurunan tekanan darah
  3. Mengurangi ngilu tulang, khususnya untuk lansia
  4. Mencegah bisul-bisul
  5. Mengurangi bau mulut dan bau badan tak sedap.
  6. Menebalkan dan mengkilatkan rambut

Adakah hanya itu? Ini resep-resep kesehatan dengan menggunakan buah semangka :

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Cara : Haluskan semangka (dengan cara dijus) dengan menyertakan bagian putihnya. Campurkan sebatang seledri dan sejumput kayu manis ke dalam jus semangka. Minum secara rutin setelah makan siang.

Mengobati Ngilu Tulang

Cara : Segenggam biji lamtoro dan daun 2-3 lembar salam segar dicampur dengan irisan semangka. Haluskan bersama-sama dan jadikan minuman rutin setiap malam sebelum tidur.

Menumbuhkan Rambut dan Menghilangkan Ketombe

Cara : ambil bagian semangka yang berwarna putih dan gosok-gosokkan pada kulit kepala hingga merata. Biarkan mengering dengan sendirinya, lalu cuci rambut seperti biasa. Lakukan sedikitnya tiga kali seminggu, rambut baru akan segera muncul dan ketombe perlahan-lahan lenyap.

Pembangkit Selera Makan

Cara : campurkan buah semangka, wortel, dan taoge segar untuk dihaluskan bersama. Jus campur ini membangkitkan selera makan bagi anak-anak maupun dewasa. Agar citarasanya menarik, perbanyak porsi semangka untuk menutupi rasa taoge dan wortel mentah. Diminum secara rutin pada pagi atau siang hari. izm/jss

Share