Sukun Itu Buah Kaya Karbohidrat

Sukun yang memiliki nama ilmiah artocarpus park ini mirip dengan tanaman kluwih. Bentuknya bulat, buahnya memiliki warna hijau daun. Yang membedakan sukun dan kluwih adalah buah sukun tidak berbiji sedangkan kluwih mempunyai biji banyak.

Sukun punya kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Jumlah karbohidratnya mencapai 28,2 gram dalam 100 gram berat basah.  Sukun merupakan salah satu sumber alternatif karbohidrat karena sebagai pengganti beras. Sukun mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Daun sukun tua yang berwarna kuning dapat digunakan sebagai minuman obat darah tinggi dan kencing manis, karena daun sukun mengandung phenol quercetin dan champarol. Getah sukun juga dapat dimanfaatkan sebagai lem kayu untuk pembuatan perahu atau tong kayu.

Kayu sukun juga bisa digunakan sebagai bahan bangunan dan furniture, karena kayu sukun tahan terhadap serangan rayap dan buahnya dapat dikonsumsi sebagai makanan sumber karbohidrat. Tapi permanfaatannya kurang maksimal kalau hanya sebatas bentuk gorengan atau direbus.

Cara Pengolahan Sukun

Sukun mempunyai sifat yang mudah rusak sehingga nilai jualnya semakin menurun. Sukun dapat diolah menjadi bahan setengah jadi yang mempunyai daya simpan yang lebih panjang, Misalnya dalam bentuk tepung yang lebih tahan lama, mudah diangkut dan disimpan serta fleksibel penggunaannya.

Tepung sukun dapat diolah menjadi berbagai panganan yang lezat dan bergizi. Pengolahan tepung sukun dapat dilakukan dengan dua cara :
1. Sukun diparut lalu dikeringkan.
2. Sukun dibuat gaplek lalu digiling halus.

Keunggulan tepung sukun adalah daya simpannya lebih lama, bernilai ekonomis lebih tinggi, mudah penggunaannya dengan bahan pangan lainnya, dan lebih praktis. Anda ingtin mencoba ?

Share