Gubernur Riau: Separuh Jalan Milik Pemprov Rusak

SAWITPLUS.COM – .Dari 799 kilometer jalan milik Provinsi Riau, sekitar 55 persennya mengalami kerusakan. Artinya lebih separuh jalan milik provinsi rusak, baik dalam kategori rusak sedang hingga rusak berat.

Data dari Pemprov Riau memaparkan memang sebagian besar jalan milik Pemprov Riau itu tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau.

“Kontruksi perkerasan jalan sub standar seperti kerikil, tanah, atau akses yang belum tembus sebesar 34,58 persen. Sementara indeks aksesibilitas rata-rata untuk tingkat provinsi¬† sebesar 0,49 persen, atau dalam kategori rendah,” kata Gubernur Riau, Syamsuar di Pekanbaru, Kamis, 28 Maret 2019.

Dia menambahkan, soal indeks aksesibilitas untuk rata-rata per kabupaten/kota masih dalam kategori rendah, hingga sangat rendah, bahkan dianggap belum sesuai dengan standar pelayanan minimum sekalipun, kecuali di Kota Pekanbaru dan Dumai.

Oleh sebab itu, Syamsuar mengakui perlu dilakukan penambahan panjang jalan, terutama untuk mendukung program prioritas dan pengembangan potensi wilayah.

Dijelaskannya, terutama ruas-ruas jalan yang menghubungkan ke daerah wisata, kawasan strategis nasional dan daerah, akses jalan ke wilayah pesisir dan perbatasan.(ret)