Klaster Ponpes Kuningan Bertambah, 70 Santri Positif Covid-19

SAWITPLUS.COM – Kasus positif COVID-19 di klaster Ponpes Al-Ikhlas Putri di Desa Ciomas, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan kembali bertambah. Saat ini total ada 70 santri yang dinyatakan positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Susi Lusianti mengatakan jumlah santri yang terpapar COVID-19 di klaster Ponpes Al-Ikhlas bertambah usai pihaknya melakukan tes swab terhadap 114 orang.

“Kemarin kita sudah melakukan swab terhadap 114 orang di Ponpes Al-Ikhlas dan hasilnya ada penambahan 38 orang. Jadi total santri yang positif COVID-19 di sana sebanyak 70 orang,” kata Susi seperti dilansir detikcom, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya saat ini 70 santri yang positif tersebut sedang menjalani isolasi mandiri dan semuanya dalam kondisi tanpa gejala. Susi menjelaskan dalam 5 hingga 7 hari ke depan 70 santri tersebut akan kembali menjalani tes swab.

“Alhamdulillah mereka dalam kondisi sehat tanpa gejala dan sudah diisolasi mandiri. Nanti satu lima sampai tujuh hari ke depan akan kita swab ulang,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui ada 32 santri di Ponpes Al-Ikhlas yang positif COVID-19. Setelah temuan itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan langsung menggelar swab massal terhadap 114 orang seperti santri dan kontak erat.

Saat ini seluruh aktivitas di lingkungan Ponpes Al-Ikhlas sendiri sudah dihentikan sementara oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Kuningan. (mg1)

Share