Miss Earth : Dunia Harus Obyektif Memandang Kelapa Sawit

Dunia harus obyektif memandang kelapa sawit. Ini adalah industri strategis bagi Indonesia. Saya akan menginformasikan kebaikan kelapa sawit ini pada generasi muda milenial. Itu kata Michelle Victoria Alriani, Miss Earth 2017 ini.

Kalimat itu meluncur dari Michelle, karena dia sudah mengalami, betapa sawit selalu dilihat secara negatif dan didiskreditkan. Pengalaman itu terjadi saat dia mengikuti kompetisi Miss Earth internasional.

Dewan juri yang tahu gadis kelahiran Bandung 20 April 1997 ini berasal dari Indonesia, mencecarnya dengan pertanyaan soal sawit. Michelle yang belum begitu paham tentang sawit menjawab seadanya. Ini yang membebaninya hingga saat ini.

“Itu salahsatu alasan saya datang ke International Conference on Oil Palm and The Environment (ICOPE) ke-6 ini. Saya ingin banyak tahu tentang sawit dan mendalaminya untuk saya tularkan pada generasi muda milenial,” katanya pada Sawitplus.com yang menemuinya di acara yang bertema ” Embracing Sustainable Palm Oil: Solutions for Local Production and Global Change” di Nusa Dua, Bali itu.

Gadis yang saat SMP di Madagaskar dan menguasai empat bahasa, Jepang, Indonesia, Inggris dan Perancis itu juga banyak bertanya ketika ada presenter yang materi presentasinya belum dipahaminya.

“Memang industri kelapa sawit itu kompleks ya. Tak bisa hanya dilihat dari satu sisi saja,” komentar finalis Miss Celebrity Indonesia 2016 itu. jss

Share