Berdayakan Lahan Sawit, Petani Menanam Semangka

KAMPAR – Memanfaatkan lahan disawit yang masih kecil, petani di Riau Kabupaten Kampar menanami buah semangka.

“Sejak 2004 di desa danau lancang rutin menanami semangka menjelang puasa dengan memanfaatkan lahan sawit yang baru ditanam,”ujar Wagimin, Ketua Gapoktan tani jaya. Minggu (6/5/2018)

Khusus di desa danau lancang saat ini sudah terhitung sekitar 40 Ha luasan areal penanaman semangka berbagai tipe akan segera dipanen.

Potensi produksi panen per Ha juga tidak tanggung-tanggung, diperkirakan mencapai 25 ton artinya ada sekitar 1000 ton buah semangka.

“Musim ini kami menanam semangka tipe inul varietas Jamanis dari Mutiara Bumi. Khusus Di desa danau lancang saat ini ada sekitar 40 Ha luasan areal penanaman semangka berbagai tipe yang akan segera dipanen. Potensi produksi panen per Ha diperkirakan mencapai 25 ton artinya ada sekitar 1000 ton buah semangka dari desa kami yang siap membanjiri pasar. Alhamdulillah musim ini panen kami diprediksi meningkat, karena tidak ada serangan hama dan penyakit yang sangat berat setelah kami mengenal dan menggunakan teknologi baru yaitu probiotik tanaman Biotogrow,”ungkap Wagimin.

Disisi lain Asep selaku pemasok bibit semangka MR Biotogrow di Riau melakukan pemantauan dan penyuluhan terkait informasi perkembangan bioteknologi.

“Kami turut aktif memantau dan memberikan penyuluhan serta informasi perkembangan bioteknologi dibeberapa wilayah penanaman tersebut agar hasil panen meningkat,”sebut Asep. es

Share